Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

AWK Kunjungi Universitas Nurtanio Terkait Mahasiswa Hindu Kesulitan SPP Dimasa Pandemi

BALI BERDAULAT – Senator DPD RI, Dr Arya Wedakarna Saat Di Pesraman Hindu Lanud Hussein Sastra Negara Bandung dan bersama Mahasiswa Hindu serta Dekan FT Univ Nurtanio Bandung
Senator Apresiasi Keberadaan Pesraman Hindu di LANUD HUSSEIN Bandung

Pemenang Pemilu 2019 dengan suara mutlak di Bali yakni Senator DPD RI, Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III kembali menunjukkan bahwa dirinya bukan hanya sekedar wakil rakyat dari Provinsi Bali, tapi menjadi wakil rakyat bagi mereka diluar dapil. Salah satunya terekam saat Senator Arya Wedakarna ( AWK ) hadir di Pesraman Hindu Widya Dharma yang terletak dikawasan Landasan Udara ( Lanud ) Hussein Bandung Jawa Barat. Diterima oleh Jero Mangku dan pengurus Pesraman, serta sejumlah generasi muda Hindu, Senator AWK menyampaikan apresiasi atas peran dari semeton Hindu di Bandung khususnya dari TNI – AU yang berhasil mendirikan Pesraman Hindu dikawasan strategis airport Hussein.

Pesraman Hindu ini memberikan pelayanan untuk menyediakan pendidikan agama Hindu termasuk juga terdapat sarana ibadah seperti Pelinggih Padmasana, sehingga umat Hindu bisa melakukan persembahyangan dengan tenang. Ditemui usai kunjungan ke Pesraman, Senator AWK menyampaikan agar umat Hindu Indonesia bergotong royong untuk membangun pesraman khususnya diseluruh wilayah strategis di Indonesia.

“Selama ini pura, pesraman Hindu di Indonesia bisa didirikan banyak atas jasa leluhur dan senior TNI / Polri. Mereka berhasil membangun pura dipelosok Nusantara. Dan mari kita contoh bagaimana TNI/Polri terutama semeton Hindu bisa membamtu umat secara  nyata. Dan sekarang bagi para pejabat Hindu dimanapun berada baik di BUMN, dibirokrasi dan swasta ayo bantu bangun Pesraman Hindu untuk memberikan Jnana bagi generasi muda Hindu. Dalam Pesraman itu bisa diisi Padmasana, ruang kelas dan juga perpustakaan. Sehingga ada tempat center of excellent disetiao wilayah Indonesia. Apalagi sudah ada keputusan pemerintah yakni Peraturan Menteri Agama 2014 dan UU No.18 / 2019 terkait dengan Pesantren yang didalamnya ada terkait Pesraman Hindu. Dan manfaatkan dana ratusan milyar di Direktorat Hindu Kementrian Agama untuk membangun pesraman. Dan jika ingin bangun pesraman, ya harus ajukan proposal yang ditandatangni oleh Kemenag Kab./Kota. Sisanya DPD RI bisa mengawal.

Saatnya gerak cepat dibawah pemerintahan Joko Widodo yang sangat perhatian dengan umat Hindu. “ungkap Gusti Wedakarna yang juga Wakil Ketua Kelompok MPR ini. Hal senada juga ia sampaikan saat mengunjungi Kampus Universitas Nurtanio dikawasan Lanud Hussein, yang terdapat belasan mahasiswa Hindu asal Bali, Malang dan Sulawesi, yang dimana AWK meminta kepada Rektorat untuk membantu mahasiswa Hindu khususnya asal Bali untuk diberi kemudahan dalam administrasi kuliah. “Mahasiswa asal Bali sedang mengalami kesulitan ekonomi.

Orang tua di Bali banyak yang kesulitan mencari dana untuk membayar UKT dan juga biaya hidup. Saya minta kepada Rektor dan Dekan agar bantu, berikan relaksasi dan dukung pendidikan – anak ini. Kasi kesempatan untuk mencicil SPP dan kemudahan lainnya. Saya titip anak – anak ini. “ungkap Gusti Wedakarna yang juga mantan Rektor Univ Mahendradatta ini. Selanjutnya AWK berjanji untuk memberikan rekomendasi kepada Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan Kebudayaan untuk pembukaan program studi S2 Magister Teknik Penerbangan di Univ Nurtanio Bandung. (humas)