Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

AWK Resmikan Koperasi Konsumen Arak Semeton Bali

BALI BERDAULAT – Senator Dr. Arya Wedakarna saat peluncuran Koperasi Arak Semeton Bali ( KASB ) di Kantor DPD RI Bali
Kementrian Keuangan keluarkan NPWP

Tanggal 28 Oktober 2020 menjadi hari yang bersejarah di Bali, karena untuk pertamakalinya, Bali memiliki Koperasi Arak. Adalah Senator DPD RI asal Bali, Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III yang merupakan penggagas dari Koperasi Arak Semeton Bali dan memfasilitasi berdirinya Koperasi Arak yang sah didepan hukum, termasuk dengan keluarnya izin dari Kementrian Hukum dan HAM RI dan juga keluarnya Nomer Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) dari Direktorat Jendral Pajak Kementrian Keuangan RI. Dan terkait dengan hal itu, Senator Arya Wedakarna pun memberikan apresiasi terhadap 570 anggota Koperasi dan lebih dari 900 anggota paguyuban yang telah bergabung di Arak Semeton Bali. Demikian sambutan dari Senator AWK saat hadir diacara peluncuran Koperasi yang diadakan di Gedung DPD RI Jl. Cok Agung Tresna Renoon Denpasar.

Dalam acara yang dihadiri oleh Alit Arya Subagio ( Dinas Pariwisata Bali ), Ketut Meniartana ( Dinas Koperasi dan UMKM Bali ), Nyoman Suardita ( Dinas Perindustrian / Perdagangan Bali ), serta Fajar Budi Nugroho  ( Bea Cukai ), Wana Sana ( Kantor Pajak Bali ) juga dihadiri oleh sejumlah Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi Arak Semeton Bali. Dalam sambutannya, Made Oka Wijaya ( Ketua KASB ) menyampaikan terimakasihnya kepada Senator AWK yang telah membimbing semeton Koperasi sejak bulan Mei 2020 hingga Oktober ini khususnya menata organisasi hingga kini KASB menjadi organisasi yang mandiri.

“Sejarah akan mencatat bahwa dengan adanya KASB ini artinya ribuan pengusaha arak di Bali akan dibimbing dan sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan. Dan tentunya sinergi dari semua pihak merupakan kewajiban. Dan tentu ini tidak lepas dari peran DPD RI Bali dibawah kepemimpinan AWK. Terimakasih pada AWK yang telah memberikan wadah. “ungkap Made Oka Wijaya. Hal senada juga disampaikan oleh Ari Anindio ( Asisten Deputi Industri Jasa Kementrian Koperasi dan UMKM RI ) yang hadir melalui virtual yang dimana pemerintah pusat mengapresiasi kinerja dari anggota KASB yang telan menyatukan diri dalam wadah untuk mempersatukan potensi arak di Bali.

Dalam sambutannya, Senator AWK menyampaikan bahwa kerja Koperasi Arak justru segera dimulai setelah peluncuran, yang dimana Senator AWK meminta kepada seluruh pengurus untuk memiliki program program terbaik yang bisa memberdayakan anggotanya. “Potensi arak saat ini sudah mulai menggeser pangsa minuman alkohol lainnya di Bali. Masyarakat yang ditengah krisis tenntu dihadapkan dengan produk arak berkualitas juga murah. Maka tidak heran, arak semeton Bali ini menjadi potensi primadona. Kedepan DPD mendorong agar cukai arak diringankan oleh Kemenkeu, sehingga arak Bali bisa bersaing. Selain itu saya meminta kepada Bea Cukai, Dirjen Pajak dan juga Dinas terkait untuk membimbing dan membina serta pendampingan. Jangan kaku terhadap penegakan hukum. Intinya jangan sampai Bali gaduh. “ungkap Gusti Wedakarna yang juga Wakil Ketua Pimpinan Kelompok MPR RI ini. ( humas )