23 Oktober 2021

Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

BPDHN Terima Surat Perpanjangan Tanda Daftar dari Dirjen Hindu Kementrian Agama RI

Desak Asti Wijaya ( Ketum BDPHN ) dan IB Nyoman Gede Swastika. ( Kemenag Prov Bali ) menerima Surat Tanda Daftar Direktorat Hindu disaksikan Dr Arya Wedakarna ( Komite I Bidang Hukum DPD RI )

Senator DPD RI Utusan Provinsi Bali, Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III menghadiri acara Anugerah Dana Punia 2020 yang ke IV kali diselenggarakan oleh Badan Dana Punia Hindu Nasional ( BDPHN ) di Ruang Pacasila kantor DPD-RI. Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan donatur dana punia ini baik dari instansi pemerintah, swasta, Polri dan juga lembaga adat, dihadiri oleh Ida Bagus Suastika (Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali), Ni Nyoman Ciri (Kementerian Agaman Kota Denpasar), I Made Tara (Dinas Sosial Kota Denpasar) dan Desak Asti Wijaya,SE,MH ( Ketua Umum BDPHN). Dalam laporannya Desak Asti, menyatakan terimakasihnya kepada lebih dari 4000 donatur tetap BDPHN yang ada diseluruh Nusantara, yang selalu konsisten mendukung Badan Dana Punia Hindu Nasional dalam bidang Jnana ini. 

BDPHN berdiri pada tahun 2003. Ini menjadikan BDPHN sebagai lembaga dana punia terbesar di Indonesia. Lembaga ini juga sudah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI serta Direktorat Jendral Agama Hindu Kementrian Agama RI di pusat. Dan sejak awal selalu konsisten melaporkan LPJ di Majalah Hindu Nasional yakni “Raditya” dan juga website BDPHN. Terimakasih atas dukungan semua umat Hindu dan BDPHN fokus terhadap komitmen punia dibidang pendidikan serta membantu umat Hindu diluar Bali.”ungkap Desak Asti Wijaya. Kanwil kemenag Prov. Bali dalam sambutannya yang di wakili oleh Bapak Ida Bagus Suastika menyampaikan apresiasi terhadan BDPHN atas terselenggaranya even Anugerah Dana Punia Hindu, dimana BDPHN secara independen sejak tahun 2003 menggalang dan mengelola dana punia untuk peningkatan kualitas sumber daya Hindu yang maju, unggul dan berdaya saing. Dalam sambuatnnya, Dr. Arya Wedakarna mewakili DPD RI memberikan apresiasinya kepada BDPHN yang telah konsisten menjalankan swadharmanya sebagai pelayan umat dan meminta terus agar fokus pada pemberdayaan manusia khususnya lewat pendidikan.

“Saya salut dengan Badan Dana punia hindu nasional yang secara konsisten menyelenggarakan kegiatan yang baik ini, yakni memberikan apresiasi kepada para donatur, harapan kita kedepan agar acara ini tetap dilanjutkan dan fokus kita terkait dengan jnana yadnya yaitu bagaimana untuk membantu, terutama saudara-saudara umat Hindu yang tidak mampu, tidak hanya di provinsi Bali, tetapi juga di seluruh Indonesia. Saya memuji bahwa peran Badan Dana Punia yang sangat baik yang tidak saja membina umat Hindu di Bali tetapi juga fokus kepada pembinaan umat Hindu di luar Bali terutama suku-suku asli, seperti membangun Pura, kemudian juga membantu beasiswa, dan pasraman-pasraman dan kita bersinergi, dan kehadiran Bapak kanwil pada hari ini juga sudah cukup menjadi satu hal yang perlu disinergi antara masyarakat dengan pemerintah.

Dana punia ini adalah salah satu wujud dalam melayani Tuhan yang ada di dalam diri umat manusia di kalangan fakir miskin, di kalangan orang-orang tidak mampu. Saya apresiasi kepada donatur yang secara konsisten memberikan perhatian kepada lembaga dan kepada para umat. “ungkap Arya Wedakarna yang juga wakil ketua pimpinan kelompok DPD di MPR RI.