23 Oktober 2021

Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Wedakarna Serahkan Punia Bangun Pelinggih Leluhur Kerajaan Hindu Kutai di Pura Kerta Buana KuKar

HINDU NUSANTARA - Senator Arya Wedakarna ( AWK ) saat rapat di Kementrian Agama Prov Kaltim dan saat mengunjuni Pura Pasupati di Desa Kertabuana Tenggarong Kutai Kerta Negara Kaltim
Senator gelar rapat bahas sekolah Hindu di Kutai Kartanegara

Usai mengunjungi Provinsi Gorontalo, Senator Termuda asal Bali, Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III melanjutkan perjalanan ke Provinsi Kalimantan Timur dengan sejumlah agenda yakni Agenda Kelompok MPR RI bersama para Senator RI dalam pertemuan di Kantor Gubernur Kaltim, agenda RDP di Kantor Kementrian Agama Prov Kaltim dan agenda kunjungan ke pusat transmigran Bali di Desa Kertabuana Tenggarong Seberang Kutai Kertanegara.

Dan secara khusus, kunjungan Arya Wedakarna ( AWK ) ini sebagai wujud dukungan atas rencana perpindahan ibukota negara RI ke Prov Kalimantan Timur dan harapan agar umat Hindu bisa berkontribusi secara maksimal. Demikian disampaikan oleh Senator AWK saat bertemu dengan komunitas Hindu baik Pembimas Hindu, PHDI, Pesraman Hindu dan juga ormas Hindu serta para tokoh Hindu di Kalimantan Timur. “Umat Hindu di Kaltim yang berjumlah sekitar 8800 jiwa ini adalah aset Kaltim yang membanggakan.

Bagi yang transmigran yang keturunan Bali, Leluhur mereka rela meninggalkan Bali demi membangun Nusantara. Ini harus diapresiasi dengan perhatian dan pengayoman, termasuk kedepan agar berdiri sekolah berbasis Hindu Dharma sesuai dengan Permenag 2014 dan berdirinya Pesraman sesuai dengan UU Pesantren. Ini tugas kami selaku legislator agar UU dapat diawasi secara maksimal. “ungkap AWK yang juga Panitia Perancang Undang – Undang ( PPUU ) DPD RI ini. Dan sejumlah hal pun dibahas oleh AWK dalam pertemuan di Samarinda dan juga di Kutai yakni 1) Peningkatan alokasi guru agama Hindu, penyuluh Hindu serta formasi CPNS dan non PNS agar generasi muda Hindu lebih dalam pemahanan sradha dan baktinya 2) Merekomendasi agar di Provinsi Kalimantan Utara yang saat ini belum memiliki struktur Hindu di Kakanwil Kementrian Agama.

Selama ini peran Prov Kaltim sudah sangat maksimal membantu pembinaan Kalimantan Utara 3) AWK meminta tahun 2021 sudah ada pengajuan untuk sekolah Hindu baik TK / PAUD Hindu di Kalimantan Timur. Terkait alokasi anggaran, DPD siap memberikan rekomendasi kepada Menteri Agama 4) Membahas tentang rencana alokasi tanah negara  untuk pembangunan Pura Jagatnatha Nusantara di lokasi cikal bakal Ibukota Negara RI serta dukungan AWK agar Hindu mendapatkan lokasi strategis dan sejajar dengan tempat ibadah nasional lainnya 5) Usulan agar ada pelinggih leluhur asli Kutai di Pura Kertabuana.

“Saya mengusulkan agar dibangun pelinggih untuk leluhur pendiri kerajaan Kutai yakni Mulawarman, Aswawarman dam Kudungga yang disungsung umat Hindu. Mungkin semangatnya sama dengan bagaimana umat Hindu di Jawa Barat mendirikan pelinggih untuk Raja Padjajaran leluhur Prabu Siliwangi di Gunung Salak Bogor. “ungkap Gusti Wedakarna. Dalam kesempatan itu, AWK juga menyerahkan Dana Punia untuk pembangunan pelinggih dimaksud dan juga menyerahkan Tongkat Pusaka TRI ANANTA dari Istana Mancawarna kepada Pengempon Pura Pasupati di Desa Kertahuwana Tenggarong Kutai Kerta Negara. ( humas )