Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Bali Kurang Stok Darah, AWK Dorong Komunitas Adakah Donor

Bali Kekurangan Stok Darah, AWK Dorong Komunitas Adakan Donor Darah
DPD RI sumbangkan sembako ke markas PMI

Pandemi covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap ketersediaan darah dan minat masyarakat untuk mendonorkan darah, oleh karena itu Senator DPD RI Utusan Provinsi Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedastraputra Suyasa III, SE., (M.Tru), M.Si (AWK) turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan PMI Provinsi Bali di Pantai Matahari Terbit Sanur.

Saat ini ketersediaan darah di PMI Provinsi Bali menipis dan terjadi pengurangan stok mencapai 50%, hal ini disebabkan menurunnya jumlah pendonor akibat pandemi covid-19. Kondisi ini terjadi akibat kekhawatiran masyarakat untuk mendatangi Unit Transfusi Darah PMI yang berlokasi di RSUP Sanglah Denpasar. Untuk memenuhi keputuhan darah, PMI gencar melakukan donor darah dengan sistem “jembut bola” di sejumlah titik yang strategis.

Kegiatan donor darah memiliki tujuan yang mulia yakni membantu pemenuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan . Dalam hal ini AWK mengajak masyarakat untuk tidak takut donor darah di masa pandemi seperti sekarang ini, dikarenakan semuanya sudah sesuai dengan prokol Kesehatan “Kegiatan donor darah seperti ini wajib diadakan secara rutin setiap 3 bulan sekali dan masyarakat Bali tidak perlu khawatir saat menjadi pendonor, tidak perlu di test rapid, cukup datang dengan kondisi sehat saja.

Usai donor akan mendapatkan nasi bungkus, kacang hijau, vitamin, atau makanan sehat lainnya guna mengembalikan stamina setelah darah kita diambil” sebagai Anggota Ditempat terpisah, dalam rangka menarik minat masyarakat untuk donor darah ditengah kondisi pertumbuhan ekonomi Bali yang mencapai minus 12%, AWK sumbang sembako kepada Unit Transfusi Dara PMI di RSUP Sanglah, yang diwakili oleh Staff Khusus DPD RI B.65 Agus Purnama Wirawan, ST dan I Made Ari Wiguna dan diterima langsung oleh Pejabat PMI Provinsi Bali. Pemberian sembako, sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor yang sudah mendonorkan darahnya secara sukarela untuk membantu sesama.

AWK berharap hal ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan kedepannya PMI Provinsi Bali dapat melibatkan komunitas pemuda untuk adakan kegiatan donor darah di tingkat banjar. Sejak menjabat tahun 2014 hingga saat ini AWK sebagai pejabat dan/atau wakil rakyat yang bares serta secara rutin merilis pertanggungjawaban kinerjanya ke hadapan publik.

Sudah saatnya tunjukan pada publik bahwa ada wakil rakyat yang konsisten dan terbuka dalam menunjukan kinerjanya. Tindakan AWK seperti ini patut dijadikan teladan bagi generasi Muda Bali.