23 Oktober 2021

Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Wedakarna Bolehkan Masyarakat Gelar Acara Seni Budaya dengan Prokes

BALI BERDAULAT – Senator DPD RI Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III Meninjau Festival Lukisan Di Seminyak Village dan Saat Memberi Sambuta Di Festival Karang Taruna bersama Mayor Cpm Yudhi Efrima Komandan Denpom IX-3/Denpasar
Senator hadir di Seminyak Village dan Karang Taruna Denpasar

Senator DPD RI Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III yang kerap di sapa AWK ini mungkin termasuk wakil rakyat dipusat yang paling rutin mendapatkan undangan dari kaum komunitas seni di Bali. Salah satunya, pada saat AWK meninjau acara Pameran Lukisan di Seminyak Village.

Acara yang digelar oleh 5 galeri ternama di Bali ini berlangsung dimasa pandemi mendapat apresiasi dari DPD RI, mengingat tidak banyak komunitas seni yang berani menyelenggarakan acara disaat sulit.

“Saya kira seni dan budaya Bali tidak boleh hilang dan kalah dengan virus corona. Asal sudah sesuai prokes, saya rasa sah – sah saja acara seni diadakan kembali. Dan selaku wakil rakyat di DPD RI yang menangani bidang hukum, ya  kita persilahkan saja kepada masyarakat untuk menggelar seni, budaya dan pameran. Fokus saja garap pangsa domestik dan nasional. Bagi saya berkesenian adalah bagian dari imun. Dan otak yang sehat itu bagus untuk menghadapi Covid 19 “ungkap AWK yang juga Pendiri dari Bali International Film Festival ( Biffest ) ini.

Selain itu AWK juga meminta kepada pemerintah, satgas dan aparat keamana untuk tidak terlalu kaku dalam menghadap warga Bali yang sedang mengadakan kegiatan seni diseluruh Bali, mengingat selama ini rakyat Bali  tergolong disiplin dalam menghadapi Covid. Jadi  jangan terlalu kaku. “ungkap AWK yang juga Pembina Teruna Teruni Bali ini. Kedepan, DPD berharap agar Bali secara konsisten melahirkan maetro maestro muda usia yang bisa mendunia.

“Maestro itu harus diciptakan, difasilitasi dan juga diberi panggung dan yang memberi panggung pertama tentu pemerintah. Tidak ada jalan lain lagi, dan kita butuh visi dari pemerintah lokal yang peduli budaya Bali.”ungkap Gusti Wedakarna. Ditempat terpisah, AWK juga memenuhi undangan I Ketut Ngurah Aryawan (Ketua Karang Taruna Denpasar). Karang Taruna Denpasar merupakan organisasi pemuda karang taruna yang paling aktif di Bali.