Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Wedakarna Dukung Space Dermaga Militer di Pelabuhan Benoa

KUNJUNGAN – Senator RI Dr. Arya Wedakarna Bersama Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana ( Danlanal TNI AL )
Senator kunjungi pangkalan Militer TNI AL demi keamanan Bali!

Setelah mengunjungi pangkalan militer TNI AU di Tuban Benoa Bali, Komite I Bidang Hukum, Pertahanan Dan Keamanan DPD RI Utusan Bali, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III kembali menyambangi salah satu instalasi militer strategis di Bali yakni Pangkalan Militer TNI AL didaerah Sesetan Denpasar Selatan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Senator Arya Wedakarna ( AWK ) langsung diterima oleh Danlanal Kolonel Laut ( P ) I Komang Teguh Ardana, ST, MAP dan jajarannya. Dalam kesempatan itu, Komandan Lanal menyambut baik kehadiran dari lembaga tinggi negara yang menyambangi markas TNI AL di Bali.

“Kami mengapresiasi Senator berkenan hadir dalam rangka tugas kerja sebagai seorang wakil rakyat. Semoga Bali selalu menjadi teladan dalam bidang apapun dinasional. “ungkap Komang Teguh Ardana, asal Dadia Dalem Benculuk Tegeh Kori Desa Pengastulan, Seririt, Buleleng ini. Dalam kesempatan itu, Senator AWK merasa bangga dengan keberadaan putra daerah yang menjadi pimpinan tertinggi instalasi militer TNI AL di Bali, dan kedepan berharap agar Bali selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat, baik untuk kesejahteraan prajurit TNI dan juga infrastruktur.

“Pemerintahan Presiden Joko Widodo ini terbukti sangat memberikan perhatian lebih kepada TNI. Saya yang berada di Komite I Bidang Hukum, Politik, Pemerintahan dan Keamanan wajib mendukung apapun program dari Panglima, Menteri Pertahanan dan juga KASAL baik dari sisi politik kebijakan dan politik anggaran. Kita memahami untuk membentuk angkatan perang yang kuat,tidak cukup hanya dari SDA yang mumpuni tapi juga didukung dengan alutsista yang canggih. Maka dari itu saya dukung adanya Dermaga Militer di Pelabuhan Benoa. Walaupun tidak besar, tapi setidaknya negara menyiapkan dermaga untuk sandar kapal KRI. Apalagi Bali ini posisinya sangat strategis di tengah selatan NKRI. Sudah saatnya. “ungkap Gusti Wedakarna yang juga Panitia Perancang UU DPD RI Ini.

Sejumlah masukan dan usulan disampaikan dari hasil diskusi Senator dengan Danlanal diantaranya adalah :

  1. Pendirian Dermaga KRI di Pelabuhan Benoa.
  2. Rencana Program Bela Bangsa kerjasama The Sukarno Center dengan DPD RI, Kementrian yang diadakan pada 2021.
  3. Masukan kepada Danlanal menertibkan organisasi transportasi yang menggunakan nama Jayamahe yang sempat mencuat saat masalah transporasi online vs transportasi lokal.
  4. DPD akan berkunjung kesejumlah Pos TNI AL di 9 Kabupaten / Kota termasuk Nusa Penida.
  5. Pemberdayaan Pramuka Saka Bahari.
  6. Atensi terkait gerakan Radikalisme di Bali khususnya dukungan TNI untuk memberantas HTI dan FPI di Bali.
  7. Bali akan meminta kuota lebih tinggi untuk perekrutan Biintara dan Taruna AAL yang mengutamakan putera daerah.
  8. Dukungan AWK untuk Kampung Bahari Nusantara.
  9. Sinergi sosialisasi kapal singgah di Benoa untuk diperkenalkan pada generasi muda Bali.

Diakhir acara, Gusti Arya Wedakarna menyerahkan kenang – kenangan berupa Cihna Dalem berupa Tongkat Tri Ananta Majapahit untuk Danlanal sebagai wujud kepemimpinan ksatria yang mumpuni. Tongkat yang sama pernah diserahkan AWK kepada Presiden Joko Widodo dan Presiden SBY saat kunjungan ke The Sukarno Center Tampaksiring.