Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Rakyat Bali Harap Senator Wedakarna Kawal Laporan Terkait Pelecehan Tri Murti

ADVOKASI SATYAGRAHA – Forum Advokasi Satyagraha Melaksanakan Diskusi Hukum di Coffe Natah
Forum advokasi Satyagraha sikapi penistaan agama oleh oknum Dosen Uhamka.

Bertempat di Coffe Natah yang beralamat di Jalan Tukad Badung XVII, Renon – Denpasar, sejumlah Advokat / Pengacara Hindu yang tergabung dalam Forum Advokasi Satyagraha yang di pimpin oleh I Gede Ngurah Wira Budiasa Jelantik, SH dan Putu Sartika Sukmadewi, SH melangsungkan pertemuan untuk berdiskusi dalam menentukan Langkah Pengaduan Resmi komponen Hindu dan menyikapi viralnya video seorang oknum dosen inisial DMD (seorang Mualaf) disalah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang diunggah oleh aku channel youtube IstiqomahTV terkait pidato yang diduga menistakan agama Hindu khususnya tentang pernyataan yang berkaitan dengan Tri Murti, Upacara Ngaben, dan di Bali banyak Setan.

Diskusi Hukum yang bertemakan Dugaan Pelanggaran UU ITE dan Penistaan Agama yang dilakukan oleh oknum dosen DMD yang dihadiri oleh komponen masyarakat hindu di seluruh Kabupaten/Kota Se- Provinsi Bali, salah satunya yang berkesempatan untuk menyampaikan pandapat dan aspirasinya yakni dari komponen masyarakat Kabupaten Gianyar, Nusa Penida, Denpasar, Tabanan.

Pada dasarnya masyarakat Hindu Bali sangat kecewa dan terluka melihat video tersebut tersebar di media sosial, dengan konten yang sebagian besar menghina dan menjelekan tentang keyakinan Agama Hindu, yang disampaikan oleh oknum dosen DMD dengan latarbelakang Pendidikan tinggi yakni strata 3, yang dulunya beragama Hindu, dan saat ini telah menjadi seorang mualaf.

Dalam diskusi hukum ini mengingatkan agar semeton Bali tidak terjebak dalam menyikapi kasus ini “Ekspresi masyarakat di ruang publik kita apresiasi, tapi jangan sampai berbalas pantun di media sosial. Kalau ini dilakukan, lalu apa bedanya kita dengan oknum tersebut, sama saja kita tidak bijak. Kita tidak komentar banyak di media sosial karena kita orang hukum yang harus elegan dalam menyipakan suatu proses hukum” ungkap Ngurah Wira Budiasa selaku Ketua Forum Advokasi Satyagraha.

Diakhir acara Ngurah Wira Budiasa yang didampingi oleh Sekretaris Forum Advokasi Satyagraha Putu Sartika Sukmadewi, SH serta perwakilan komponen masyarakat yang hadir dalam acara diskusi, menyampaikan pernyataan sikap Forum Advokasi Satyagraha Terkait Dugaan Pelecehan Simbol Dewa Hindu Tri Murti Oleh Oknum Dosen diantaranya :

  1. Mengecam Penghinaan Terhadap Simbol Hindu.
  2. Mengecam keras channel youtube IstiqomahTV yang turut serta menyebarkan konten Agama yang berdampak terhadap perpecahan umat beragama.
  3. Meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI / Rektor untuk Men-NONAKTIF-kan dosen ybs.
  4. Mendukung Polri untuk memproses hukum sesuai dengan KUHP dan UU ITE di Mabes Polri, serta mendukung

Pemerintahan Joko Widodo dalam memberantas oknum pemecah belah bangsa yang terindikasi Radikalisme. Saatnya Presiden Joko Widodo “membalas” kebaikan rakyat Bali yang mayoritas Hindu yang sukses memenangkan 92% pada Pemilu 2019 dengan pengayoman di Bidang Hukum. Rencanya setelah diskusi hukum ini dilaksanakan FAS bersama sejumlah ormas Hindu akan ke Mabes Polri di Jakarta untuk melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum bersama tokoh-tokoh Hindu di Jakarta.