Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

DPD RI Tabur Bunga di Selat Bali Sambil Tinjau Kondisi Pos TNI AL di Gilimanuk

TABUR BUNGA – Senator DPD RI Melakukan Tabur Bunga Di Selat Bali serta saat memberi Sembako ke Prajurit TNI AL
Tidak hanya itu, Wedakarna juga sidak alat test Genose di Pelabuhan

Komite I Bidang Hukum, Politik, Pertahanan dan Keamanan DPD RI Utusan Bali, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana dengan sejumlah agenda diantaranya : bertemu dengan prajurit TNI AL di Gilimanuk, melaksanakan Tabur Bunga atas nama lembaga DPD RI serta memeriksa alat Genose yang tersedia dipelabuhan Gilimanuk dalam rangka mempersiapkan lonjakan arus mudik sebelum pembatasan pelabuhan sebelum hari raya.

Diterima langsung oleh Kapten Laut (P) Ajat Sudrajat ( Komandan Pos TNI AL Gilimanuk ) di Pos TNI AL, Senator Arya Wedakarna ( AWK ) diterima langsung oleh prajurit TNI AL sambil memeriksa fasilitas TNI AL, termasuk kesejahteraan prajurit. Dalam kesempatan itu, AWK juga menanyakan peran dari Pos TNI AL dalam mengamakna selat Bali serta tugas yang diberikan selama proses pencarian Kapal Selam TNI 402.

“Dari laporan bahwa status tanah Pos TNI AL Gilimanuk ini adalah milik pemerintah daerah, menurut pandanga komite I lebih baik pos ini diserahkan kepada negara agar perawatan dan juga pemeliharaanya bisa maksimal. Saya cukup kaget dengan kondisi Pos ini, dan ternyata tidak ada fasilitas Mess untuk prajurit kita. Keadaannya pun sederhana. Untuk ukuran provinsi Bali hal ini tidak layak dan jauh dari standar. Harus pos laut diseluruh Bali ini bisa berstandar yang baik. Selain fungsi pengamanan lebih maksimal, juga Bali menjadi etalase wajah militer Indonesia, karena Bali ini pulau dengan kelas dunia. Saya akan usulkan ke Presiden, Panglima dan KASAL agar segera ada perhatian pada instalasi militer di Bali. “ungkap Gusti Wedakarna yang juga Panitia Perancang UU DPD RI ini.

Selama di Gilimanuk, bersama dengan Komandan Pos TNI AL, Senator AWK juga melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Gilimanuk yakni terkait dengan kedatangan alat Genose yang difasilitasi oleh Kimia Farma.

Dierima oleh Suharto ( GM Pelabuhan Gilimanuk ) dan Kompol Gusti Putu Dharmanatha,SH,MH ( Kaplolsek Kawasan Pelabuhan Benoa), Senator AWK sempat meninjau alat tiup GENOSE yang disediakan untuk mengantisipasi kedatangan atau keberangkatan warga dari atau menuju ke Bali.

“Pesan saya pada Kimia Farma dan manajemen Pelabuhan, jangan ulangi kasus pidana yang terjadi di Bandar Udara Kuala Namu Medan, yang kini berproses hukum, Jangan buat Bali, dan menahan dirilah dari urusdan melanggar pidana. Jika itu terjadi di Pelabuhan atau Airpor di Bali, maka kami akan memasalahkan hal ini. Bekerjalah dengan jujur dan baik. “ungkap Gusti Wedakarna kepada para petugas dan juga manajemen Pelabuhan.

Diakhir kunjungan, bersama sama dengan TNI AL, Polri, Manajemen Pelabuhan dan Syahbandar Gilimanuk, Senator DPD RI, Arya Wedakarna melakukan tabur bunga di Selat Bali. Tabur bunga dilaksanakan dengan sederhana dan doa untuk mendoakan arwah prajurit TNI AL yang gugur dalam tugas negara diperairan Bali.