Arya Wedakarna

Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III

Senator AWK Kunjungi SD Neger 8 Bunutan Karangasem dan SD Widya Sakti Penatih

Senator Bali Dr. Arya Wedakarna saat berkunjung ke sd Widya Sakti Penatih Denpasar dan Kunjungan ke SDN 8 Bunutan Karangasem
AWK minta pemerintah jaga sekolah swasta lewat PPDB yang jujur

Komite I Bidang Hukum DPD RI, Senator DPD/MPR RI Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III berkesempatan hadir di Yayasan Widya Sastra selaku pengelola sekolan SD dan SMP Widya Sakti. Salah satu sekolah swasta tertua yang terletak di Penatih Denpasar ini, ternyata telah banyak membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan.

Senator Bali Dr. Arya Wedakarna saat berkunjung ke SD Widya Sakti Penatih Denpasar
Senator Bali Dr. Arya Wedakarna saat berkunjung ke sd Widya Sakti Penatih Denpasar

Diterima langsung oleh I Nyoman Wita ( Ketua Yayasan ) dan jajaran, termasuk juga hadir I Wayan Astawa ( Lurah Penatih ) Ketut Budha ( Anggota DPRD Kota Denpasar ) dan Drs. I Made Suena M.Pd ( Dinas Pendidikan Kota Denpasar ). Dalam kunjungan tersebut, disampaikan sejumlah hal terkait perkembangan sekolah swasta Widya Sakti termasuk juga harapan agar ada perhatian dari pemerintah untuk ikut memberikan perhatian. Selain juga dibahas tentang penanganan terhadap siswa tidak mampu, khususnya bagaimana pemberian kemudahan dimasa Pandemi ini.

Pujian atas swadharma dari keluarga besar SMP Widya Sakti ini disampaikan oleh Senator AWK yang dimana sekolah ini dianggap sudah banyak memberikan kontribusi pada Kota Denpasar.

“Secara umum, tiang sudah melihat semua fasilitas infrastruktur sudah baik dan bagus. Kedepam hanya dipoles saja konten dan penampilan SDM termasuk juga kegiatan dan program yang melibatkan masyarakat umum. Sangat diperlukan adanya digital marketing yang baik untuk sekolah sekolah negeri dan swasta. Dan saya yakin, jika dilaksanakan maka pasti akan berkembang. “ungkap Gusti Wedakarna yang mantan Rektor Universitas Mahendradatta ( Unmar ).

Terkait dengan masa Penerimaan Siswa Didik Baru ( PPDB ) tahun ajaran 2021 ini, Senator AWK mengingatkan bahwa siapaun yang terlibat dalam proses ini baik Dinas Pendidikan, Sekolah, dan juga calon peserta harus berperilaku jujur agar tidak ada masalah lagi kedepan.

“Saya ingatkan kepada sekolah negeri baik SD, SMP, SMA dan SMK agar berperilaku jujur. Jangan sampai ada berita titipan jalur belakang untuk kegiatan PPDB, atau ada intervensi dari politikus tertentu, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Jalankan amanat PPDB dengan baik, dan payung hukum pedoman juga sudah ada. Kasian sekolah swasta terutama SD, SMP, SMA, SMK Swasta akan dirugikan. “ungkap AWK yang juga Panitia Perancang UU DPD RI ini.

Maka dari itu, pihak DPD RI Provinsi Bali B65 akan membuka Posko Pengaduan terkait dengan PPDB di Kantor DPD RI Jl Cok Agung Tresna Denpasar, Provinsi Bali.

“Banyak masyarakat yang sudah mulai menanyakan proses PPDB termasuk masukan danmasalah terkait dengan Penerimaan Siswa Baru ini. Kami akan buka posko dan nanti Tim Hukum B65 DPD RI akan menindaklanjuti. Disinilah fungsi DPD RI sebagai pengawas UU dan jelas kita ingin Nawa Cita Jokowi dalam bidang pendidikan dilaksanakan secara bertanggungjawab. “ungkap AWK yang juga Wakil Ketua Kelompok DPD di MPR RI ini.

Kedepan, DPD RI juga berharap baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah membantu keberadaan sekolah sekolah swasta baik TK, SD, SMP, SMA dan SMK, minimal jika PPDB dilaksanakan konsekwen dan terbatas untuk PPDB Negeri, maka sekolah swasta akan mendapatkan limpahan siswa baru yang signifikan.

Senator Bali Dr. Arya Wedakarna saat berkunjung ke SDN 8 Bunutan
Senator Bali Dr. Arya Wedakarna saat berkunjung ke SDN 8 Bunutan

Selain di Penatih Denpasar, atas undangan tokoh Bunutan, AWK mengunjungi SDN 8 Bunutan Karangasem yang terletak diperbukitan, dan akan menindaklanjuti terkait kerusakan penyengker pelinggih dan juga gedung sekolah yang rusak.